5 Perayaan Unik Kelulusan Siswa di Berbagai Negara

graduation ceremony, kelulusan kuliah

Kelulusan sekolah merupakan sebuah moment yang paling membahagiakan bagi seorang siswa, setelah melakukan ujian dengan tingkat keseriusan yang tinggi. Seorang siswa akan mengekspresikan kebahagiannya dengan cara berbeda-beda. Bahkan perayaan kelulusan ini juga dilakukan di berbagai negara, dengan tradisi yang sangat unik.

Tradisi kelulusan setiap negara ada yang berupa perayaan, hingga ada yang melakukan pawai bersama teman-teman menuju kota. Seperti dibawah ini beberapa perayaan unik kelulusan yang dilakukan oleh siswa di berbagai negara di dunia,

Perayaan kelulusan di Swedia

Jika di negara-negara lain, wisuda dilakukan berbeda-beda di tiap jenjangnya, maka di negara Swedia perayaan kelulusan antara murid SMA dan Universitas akan digabung menjadi satu. Mereka tidak menggunakan toga seperti pada umumnya, melainkan menggunakan topi bulat berwarna hitam putih bernama studentmossa. Pada saat perayaan kelulusan ini perbedaan warna topi menandakan setiap jurusan yang mereka tempuh.

graduation ceremony student sweden

Ketika para siswa maupun mahasiswa keluar gedung perayaan kelulusan, maka keluarga akan menyambutnya dengan atribut yang sangat unik. Tujuan dari kegiatan itu adalah untuk mempermalukan para wisudawan di depan teman-temannya. Aksi tersebut dilanjutkan dengan melakukan parade bersama keluarga dan berjalan menuju tengah kota.

Dikalungkan bunga di Filipina

Salah satu tradisi unik perayaan kelulusan seorang siswa di dunia berada di negara Filipina. Jika seorang siswa telah lulus pada jenjang pendidikan, maka orang tua akan mengikuti prosesi wisuda bersama para siswa. Orang tua akan berjalan berdampingan dengan siswa untuk menaiki panggung.

Saat sudah berada di atas panggung, para siswa akan menundukan kepala menghadap seluruh tamu undangan, dan bersiap mendapatkan karangan bunga yang dikalungkan pada leher siswa.

graduation ceremony thailand

Perayaan kelulusan dengan anggota kerajaan di Thailand

Negara Thailand juga memiliki tradisi unik dalam melakukan perayaan kelulusan bagi para siswa. Perayaan kelulusan siswa akan dilaksanakan secara khusus dari anggota kerajaan. Bergabungnya anggota kerajaan dalam aksi penyerahan ijazah kepada para lulusan tersebut menyebabkan acara yang dilakukan sangatlah sakral.

Peserta yang ada di dalam gedung hanyalah para lulusan dan beberapa orang yang berkepentingan. Para wanita diwajibkan untuk menggunakan gaun tradisional. Sedangkan para siswa laki-laki harus menggunakan baju rapi dan potongan rambut pendek. Para siswa harus bersikap khidmat dan hormat pada keluarga kerajaan.

Perayaan unik melempar makanan di Argentina

Perbedaan dari negara-negara lain saat merayakan kelulusan bagi siswa Argentina yang lulus yaitu akan mendapatkan serangan makanan dari kerabatnya. Makanan akan mengotori seluruh badan siswa dan membuat suasana sangat meriah. Makanan yang dilemparkan bisa berupa kue, bahan makanan hingga minuman. Semua akan menunjukkan kebahagiaannya pada hari kelulusan itu.

graduation ceremony Russia

Perayaan menggunakan celemek di Rusia

Seorang siswa yang telah lulus di Rusia akan mengenakan celemek dan berjalan-jalan di kota. Perayaan ini dilakukan pada bulan Mei setiap akhir tahun ajaran pendidikan di negara Rusia.

Celemek tersebut juga dipadupadankan dengan gaun maupun baju berwarna hitam. Perayaan ini sangat menggembirakan, karena siswa akan bersuka cita bersama teman-teman seangkatannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s