6 Hal Menarik Tentang Peradaban Mesir Kuno

Mesir Kuno, ancient egypt piramid

Mesir merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan tersendiri, terkadang saat kita membayangkan tentang Mesir Kuno maka akan teringat tentang gurun dan piramidnya yang sangat misterius. Hal-hal dibawah ini akan mempengaruhi pandangan kita mengenai Mesir Kuno, karena ternyata di dalamnya terdapat sebuah fakta menarik mengenai Mesir Kuno yang perlu kamu ketahui,

Penanggalan

Kecanggihan dalam ilmu Sains dan juga Astrologi di Mesir Kuno memang sangat terkenal di seluruh dunia. Masyarakat Mesir Kuno telah menciptakan sebuah kalender yang terdiri dari 365 hari dan hal tersebut telah ada sejak enam ribu tahun yang lalu. Hal tersebut menyatakan bahwa masyarakat Mesir Kuno telah maju sejak lama dalam hal ilmu Sains dan juga Astrologi.

Letak tiga Piramid yang ada di Mesir bukanlah hal yang sembarangan, karena mereka mendirikannya sejajar dengan letak sabuk Orion dengan sempurna. Hal ini diyakini oleh sebagian besar peneliti sebagai instrument astrologi yang dapat menghubungkan dengan dunia lain.

firaun Pharaoh Ramses
Patung Fir’aun

Mogok kerja pertama kali dilakukan di Mesir Kuno

Sebuah aksi mogok kerja di dunia pertama kali ditemukan di wilayah Mesir kuno yaitu pada abad ke 12 sebelum masehi. Aksi mogok kerja ini dilatar belakangi karena para pekerja (yang tinggalnya di sebuah desa para pekerja yang disebut Deir el-Medina) merasa tidak dihargai dalam membangun makam kerajaan. Para pekerja meminta upah yang wajar (berupa jatah gandum) kepada raja mereka yang saat itu sedang berkuasa yakni Ramses III.

Deir el-Medina Village, perkampungan para pekerja mesir kuno
Deir el-Medina perkampungan para pekerja mesir kuno

Mogok tersebut terjadi, karena masyarakat pekerja yang ada di desa Deir el-Medina meyakini bahwa gaji yang layak merupakan kewajiban dalam keagamaan.  Bahkan catatan mengenai apa yang pekerja lakukan dan keluh kesah mereka pun tercatat dengan jelas. Catatan tersebut di tulis oleh Penulis Amennakhte

Suhu di dalam piramid

Hal unik lainnya yang ada di Mesir Kuno adalah konstannya suhu yang ada di dalam tiga Piramid dan besarnya suhu selalu sama, yaitu 20 derajat selsius. Padahal jika melihat kondisi di daerah Mesir Kuno sangatlah panas hingga mencapai 46 derajat selsius. Kecanggihan para ilmuwan Mesir Kuno yaitu dapat merencanakan untuk merubah suhu panas menjadi lebih dingin ketika di dalam piramid.

Mesir Kuno, ancient egypt
Masyarakat Mesir Kuno Bermain Catur

Keahlian Matematika dan Arsitektur

Hal unik yang ada di Mesir Kuno adalah canggihnya para ilmuwan hingga menjadi juara ilmu Matematika di seluruh dunia pada jamannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan kecanggihan yang terjadi di dalam makam Abu Simbel. Di dalam makam ini akan disinari matahari dalam setahun dua kali yaitu pada wajah Rameses II, makam dewa Amun dan juga dewa Ra.

Namun hal yang menarik lainnya ialah, makam di sebelahnya yaitu milik dewa Ptah tidak akan terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan dewa Ptah merupakan dewa dunia mati sehingga akan terus berada dalam kegelapan. Sinar matahari yang menyinari sebanyak dua kali ini terjadi pada hari ulang tahun dan juga hari dimana Rameses II ditobatkan, yaitu 22 Oktober dan 22 Februari.

Egypt mummy, mummy mesir kuno

Mumi

Masyarakat yang ada di Mesir Kuno mempercayai bahwa setelah kematian akan ada kehidupan berikutnya. Sehingga mereka meyakini seorang yang telah meninggal dunia harus dijadikan mumi. Hal tersebut dilakukan agar orang yang telah meninggal tersebut selamat di alam berikutnya. Para mumi juga akan dikuburkan dengan barang berharga dan kesayangannya. Tradisi ini dilakukan karena mereka percaya ketika sang mumi bangkit mereka akan memiliki bekal.

Tulisan Mesir Kuno

Kita sering menyangka bahwa ukiran yang ada di tembok bangunan mesir kuno yang biasanya bergambar hewan atau bentuk-bentuk (Hieroglyphs) merupakan tulisan yang di gunakan masyarakat mesir sehari-hari. Padahal sejatinya tidak demikian.

Yang sering anda lihat yaitu Hieroglyphs merupakan jenis tulisan yang bersifat sakral dan pemahatnya pun harus melalui latihan bertahun-tahun. Profesi pemahat Hieroglyphs dianggap sangat terhormat, dan beberapa masyarakat merelakan anaknya untuk mendaftar sebagai pemahat yang berdedikasi.

Sekh Shat, tulisan mesir kuno
Sekh Shat, Tulisan Mesir Kuno

Jenis tulisan lainnya yang digunakan, sangatlah berbeda dengan Hieroglyphs, dan terdiri atas dua jenis. Tulisan yang pertama yaitu jenis tulisan resmi atau disebut dengan Sekh Shat, seperti tulisan yang di gunakan oleh pengadilan, urusan kenegaraan, literatur dan surat. Penulisannya pun tidak dipahat melainkan di tulis di kertas papyrus.

Dan yang kedua adalah tulisan biasa, yang menggunakan bahasa sehari-hari dan di khususkan untuk sesuatu yang tidak formal.

Papyrus, ancient egypt writing tulisan mesir kuno

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s