9 Hal Unik yang Dapat Kamu Ketahui Saat Berada di Vietnam

alam pedesaan vietnam, nature mountain

Negara Vietnam merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan dalam berbagai hal. Keunikan tidak hanya berasal dari alamnya saja, namun juga berasal dari kebudayaan masyarakat asli Vietnam. Hal tersebut tidak akan ditemui saat berada di negara lain, sehingga jadikan salah satu tujuan liburanmu untuk mengunjungi negara yang satu ini. Dibawah ini akan dijelaskan hal-hal unik yang ada di Vietnam dan perlu kamu ketahui,

1. Jembatan Naga

Perjalanan menuju kota Vietnam dapat sangat mneyenangkan apabila para pengunjung melewati jembatan naga di pelabuhan Da Nang. Jembatan Naga metalik ini sangat panjang yakni mencapai 569 meter dan beberapa waktu akan mengeluarkan semburan api dengan suara yang keras. Ketika malam hari Jembatan naga akan mengeluarkan cahaya yang sangat terang karena dihiasi oleh 2500 lampu LED.

2. Pemukiman Tradisional

Ketika datang ke Vietnam para turis dapat menikmati keunikan dalam hal pariwisata yakni dapat tinggal di pemukiman tradisional milik warga. Pemukiman ini tidak mengalami perubahan dalam hal arsitektur maupun kegiatan sehari-hari seperti, memasak, bekerja dan juga mengurusi anak-anak.

Para pengunjung yang menginap di pemukiman tradisional akan membaur dengan keluarga asli Vietnam selama beberapa hari sesuai dengan tarif yang mereka bayar. Wisata unik dari negara Vietnam ini dapat melalui agen tour Hanoi dengan biaya yang sangat terjangkau.

3. Banyaknya area persawahan

Di Negara Vietnam masih banyak sawah yang sangat hijau, sawah-sawah ini milik para buyut terdahulu. Sehingga banyak yang menginginkan agar tetap dijaga dan dilestarikan oleh para penerusnya. Salah satu hal yang dilakukan agar lahan tidak diperjual belikan oleh anak cucunya adalah dengan dibangunnya tepat ditengah-tengah sawah makam para leluhur. Sehingga tidak akan ada yang mau membeli lahan tanah milik orang tersebut dan hanya dijadikan sumber pertanian.

4. Minuman Kopi yang Bervariasi

Keunikan di negara Vietnam salah satunya adalah memiliki jumlah kopi yang sangat banyak sehingga harganya begitu murah. Meskipun harga kopi sangat murah di negara Vietnam namun kualitas dari kopi ini sangat nikmat. Kopi yang paling terkenal di Vietnam adalah kopi Vietnam yang rasanya ringan namun sangat nikmat.

Vietnam Map, Peta Vietnam

5. Panjang dan lebar areanya

Hal unik yang ada di negara Vietnam diantaranya adalah bentuk negara yang seperti huruf S, begitu panjang melainkan sangat sempit. Negara ini memiliki panjang 1,650 km dari arah utara hingga ke selatan, namun lebar wilayahnya hanya 50 km.

6. Alam yang asri di pedesaan

Jika datang ke negara Vietnam hal unik yang dapat kamu lakukan salah satunya adalah bersepeda di wilayah persawahan milik warga. Banyak sekali anak kecil dan warga yang sangat ramah akan menyapamu ketika sedang bersepeda. Bagi pecinta petualangan seru, akan banyak hal yang didapat seperti pemandangan pegunungan, lembah, dan juga sawah hijau yang sangat indah.

7. Suka mie instan

Negara Vietnam memiliki kebiasaan unik yakni masyarakatnya suka mengonsumsi mie instant dengan beberapa tipe yang berbeda mie putih, mie merah, Hu tieu, dan mie telur. Mie merupakan cemilan favorit mulai dari anak-anak hingga orang tua setiap harinya. Bahkan penjualan mie instant di Supermarket juga sangat tinggi untuk bahan utama yang dibeli oleh para konsumen.

8. Air minum dalam kondisi krisis

Ketersediaan air di Vietnam terbilang dalam kondisi krisis. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, antara lain: tercemarnya aliran sungai, sumur-sumur yang terkontaminasi, hujan yang tak merata, bencana alam (kekeringan), permintaan air yang banyak sekali untuk pertanian dan perikanan, serta infrastruktur yang belum memadai secara penuh, serta air yang mengandung arsenic serta ammonia. Bahkan lebih dari 38 perusahaan penyedia minuman botolan di tutup karena air yang mereka jual mengandung bakteri. Maka dari itu harga air putih (berkualitas) bisa menguras kantong anda sangat dalam.

9. Lalu lintas yang super padat

Mengenai lalu lintas kendaraan yang super padat dan riuh tentu merupakan hal yang akan sering anda jumpai. Karena banyak perusahaan membuka pabriknya di Vietnam, maka peningkatan perpindahan masyarakat dari desa ke kota terbilang sangat tinggi, sehingga arus kendaraan menjadi sangat ramai dan terlihat kacau. Banyak perusahaan yang dulunya membuka pabriknya di China, mulai beralih ke Asia Tenggara dan salah satunya ialah Vietnam. Hal ini dikarenakan tarif pekerja di Vietnam mulai menyaingi tarif pekerja di China.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s