5 Anak-anak yang Berpengaruh di Dunia

Kid try to fly, anak coba terbang

Di dunia ini terdapat beberapa kejadian luar biasa yang berhubungan dengan anak-anak. Kejadian tersebut dianggap luar biasa karena anak-anak ini telah mempengaruhi dunia dengan tindakan keberanian dan perjuangan mereka. Tindakan dari anak-anak tersebut membuat semua orang kagum dan bangga kepada mereka semua. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa anak-anak di dunia yang sangat berpengaruh dan mengubah dunia,

  1. Malala Yousafzai

Seorang anak perempuan cantik dan masih sangat muda berasal dari Pakistan disebut-sebut sebagai remaja berpengaruh di dunia. Hal tersebut dikarenakan peran Malala Yousafzai yang berani dan aktif dalam menyuarakan hak-hak anak dan wanita di negaranya. Bahkan Malala Yousafzai akhirnya dianugerahi sebuah penghargaan bernama Liberty Medal dan Nobel. Misi utama dari Malala Yousafzai adalah dengan meningkatkan hak-hak pendidikan seorang anak di seluruh dunia. Aksi Malala Yousafzai ini berawal ketika dirinya terte mbak oleh militan ketika mengendarai sepeda menuju sekolahnya.

  1. Joshua Wong

Seorang anak pria yang sangat muda bernama Joshua Wong mendapat predikat sebagai remaja berpengaruh di dunia. Hal tersebut dikarenakan Joshua sangat aktif dalam komunitas Scholarism dan hak demokrasi di Hong Kong. Misi dari Joshua Wong ini terkenal dengan sebutan “Umbrella Revolution”. Joshua memiliki mimpi untuk mengajak seluruh masyarakat bebas dari kekerasan. Bahkan aksi dari Joshua Wong ini diabadikan pada majalah Time dan menjadi nominasi Time’s Person of the Year 2014.

Beauty flower girl, gadis bunga cantik

  1. Samantha Smith

Salah satu gadis kecil yang sangat berpengaruh di dunia adalah Samantha Reed Smith. Samantha Smith merupakan anak yang berasal dari Amerika Manchester, Maine. Samantha Smith menjadi sangat terkenal saat dirinya dengan berani mengirimkan sebuah surat kepada pemimpin Uni Soviet yang bernama Yuri Andropov saat terjadi Perang Dingin Amerika Serikat dan Uni Soviet. Gadis kecil ini berusaha untuk mengetahui keadaan Uni Soviet dan juga Amerika Serikat yang menegangkan.

Surat dari Samantha akhirnya diterbitkan koran Soviet Pravda, dan menggemparkan dunia. Samantha yang belum puas dengan suratnya akhirnya mengirimnya kepada Duta Besar Uni Soviet ke Amerika Serikat. Surat yang di kirikan oleh Samantha pun di jawab secara personal oleh Andropov. Bahkan gadis cilik ini mendapat undangan berkunjung ke Russia, dan undangan ini pun di terima oleh Samantha.

Hal tersebut membuat Samantha  dikenal sebagai “Duta Besar Amerika Termuda” serta ia juga berpartisipasi di dalam kegiatan perdamaian yang diadakan di Jepang. Namun Samantha mengalami sebuah kecelakaan pada usia 13 tahun dalam kecelakaan pesawat Bar Harbor Airlines Penerbangan 1808.

  1. Hector Pieterson

Anak-anak yang berpengaruh di dunia lainya adalah Hector Pieterson yang dijadikan simbol pemberontakan kelompok apartheid di Afrika Selatan Soweto pada tahun 1976. Seorang anak berumur 12 tahun yang meninggal dan di berondong oleh polisi ketika ada demo besar antara mahasiswa dan polisi. Korban dalam aksi demo tersebut tidak hanya Hector Pieterson, melainkan beberapa pemuda lainnya yang mendukung aksi penolakan kekejaman Apartheid.

Kekejaman pada hari itu diperingati sebagai simbol perlawanan dan kekejaman pemerintahan apartheid, yang dikenal dengan  National Youth Day. Pada tanggal 16 Juni 2002 mulailah dibuka sebuah museum dan Hector Pieterson Memorial. Museum tersebut letaknya di dekat lokasi penembakan Orlando West, Soweto.

  1. Nkosi Johnson

Seorang anak laki-laki yang berasal dari Johannesburg bernama asli Xolani Nkosi ini menjadi tokoh dunia mengenai kehidupan seorang anak HIV Positif. Nkosi mampu mengubah dunia karena aksi terbaiknya dalam membantu anak-anak agar tetap semangat meskipun mengalami hal yang sama dengannya. Nkosi juga sering berpesan kepada semua orang yang menjadi pendengar saat acaranya berlangsung yaitu untuk menghormati semua orang yang terkena HIV, khususnya anak-anak.

Hal ini mulai terjadi ketika Nkosi ditolak untuk mendaftar ke suatu sekolah di wilayahnya, dunia mulai menyoroti kehidupan Nkosi. Nkosi didaulat untuk menjadi pembicara inti di Konferensi Internasional AIDS yang ke-13. Selain itu Nkosi bersama orangtua angkatnya mendirikan Nkosi’s Haven, sebuah tempat yang melindungi para ibu yang terkena HIV positif beserta anak-anaknya di Johannesburg.

Pengharhaan yang diberikan kepada Nkosi adalah di bulan November 2005, Hadiah Perdamaian Anak Internasional dari Mikhail Gorbachev. Nkosi’s Haven juga mendapatkan hadiah US $ 100.000 dari sebuah Yayasan Kids Rights. Dibuatlah sebuah patung yang telah dinamai Nkosi Johnson untuk menghargainya semasa hidup, hingga kisah hidupnya diangkat ke dalam tema buku yang berjudul “We Are All the Same” milik penulis Jim Wooten.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s