5 Serangga dengan Gigitan Paling Mematikan dan Menyakitkan di Dunia

fire ants sting semut api
Semut Api

Di dunia ini banyak sekali macam-macam serangga dengan berbagai fungsinya, ada yang memiliki tubuh indah dan menarik, ada juga serangga yang berbahaya. Kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam serangga yang memiliki gigitan paling menyakitkan dan mematikan yang ada di dunia.

Sehingga kita harus berhati-hati ketika sedang bertemu serangga-serangga dibawah ini. Hindari kontak fisik secara langsung dan sebisa mungkin menjauhi dengan pencegahan. Serangga apa sajakah yang memiliki gigitan dan sengatan yang mematikan, mari kita simak

  1. Nyamuk Anopheles

Salah satu jenis serangga yang memiliki gigitan paling berbahaya adalah Nyamuk Anopheles atau yang dikenal dengan nama Nyamuk Malaria. Nyamuk Anopheles ini dianggap berbahaya karena ketika mengginggit tubuh manusia, maka akan terkena penyakit malaria yang menyebabkan kematian. Nyamuk Anopheles hidup di daerah rawa-rawa, hidup di saluran air, dan beberapa genangan air yang terkena sinar matahari.

Nyamuk ini menggigit pada malam hari dan memiliki warna yang bermacam-macam, ada yang hitam ataupun bercak-bercak putih. Nyamuk ini memiliki jenis yang sangat banyak, dibedakan berdasarkan tempatnya berkembang biak seperti di daerah payau, di daerah perbukitan, hingga di daerah persawahan. Penyakit yang dihasilkan selain penyakit malaria juga menyebabkan penyakit kaki gajah.

  1. Lalat Tsetse

Serangga yang memiliki gigitan menyakitkan dan berbahaya di dunia adalah lalat Tsetse, karena lalat ini dapat mneyebabkan penyakit tidur atau Kongo Trypanosomiasis. Lalat Tsetse banyak berkembang biak di daerah Afrika dan telah menyerang sekitar 50.000 hingga 70.000 orang. Gejala yang akan dialami saat digigit oleh Lalat Tsetse ini adalah demam, sakit kepala, dan sakit-sakit pada sendi.

Setelah itu akan mengalami pembekalan kelenjar limfa, anemia dan juga penyakit ginjal. Penyakit ini dianggap sangat berbahaya karena saat terinfeksi,  siklus tidur menjadi tidak teratur dan jika tidak segera diobati akan menyebabkan kerusakan sistem syaraf dan meninggal dunia.

paper wasp sting serangga menyakitkan
Paper wasp
  1. Semut Api

Salah satu serangga yang memiliki gigitan dan dapat menyebabkan kematian adalah semut api. Hal tersebut dikarenakan karena Semut Api mengandung racun yang sangat berbahaya. Dilaporkan jika terjadi 20 kematian setiap tahunnya yang diakibatkan karena gigitan semut api. Gejala yang akan dialami ketika semut api menggigit adalah merasakan sangat panas seperti luka bakar.

Setelah itu akan terjadi pembengkakan yang sangat menyakitkan dan berujung pada kematian. Terdapat 280 spesies semut api di seluruh dunia, dan satu spesies terindikasi mematikan yang berasal dari Brazilia. Bentuknya sama dengan semut api lainnya, tetapi yang membedakannya adalah tingkat keagresifannya. Mereka menyerang siapapun yang mendekati sarangnya tak peduli ukuran musuhnya.

  1. Paper Wasp

Paper Wasp merupakan salah satu serangga berbahaya yang ada di dunia, karena dapat menyebabkan kematian jika terkena gigitan kecilnya bagi orang yang alergi. Merupakan tawon dengan bisa yang sangat berbahaya, karena menyebabkan gatal-gatal, bengkak serta kejang-kejang pada gejala awalnya.

Saat tubuh memiliki alergi dengan sengatan serangga ini, maka dengan segera dapat menyebabkan kematian karena sengatannya. Sangat berbahaya jika menggangu sarang Paper Wasp karena mereka bisa menyengat secara beramai-ramai. Banyak ditemukan di daerah Eropa dan Amerika Utara.

Giant Asian Japanese Hornet painful serangga menakutkan
Giant Japanese Hornet
  1. Giant Japanese Honet

Serangga yang memiliki racun berbahaya dan menyebabkan kematian adalah Giant Japanese Honet. Tawon ini dapat menyebabkan gagal organ, gagal pernafasan saat racunnya mulai menyebar dan akhirnya menyebabkan kematian yang sangat menyakitkan. Giant Japanese Honet memiliki racun yang menyebabkan pembengkakan yang sangat sakit dan alergi parah pada kulit.

Hewan ini banyak ditemukan di daerah India, Sri Lanka, Korea China dan juga Jepang. Setiap tahunnya setidaknya terdapat kematian kurang lebih 30-30 jiwa di Jepang, mayoritas di karenakan alergi dengan racun tawon raksasa ini. Dan yang paling serem nih, bekas sengatan tawon ini bisa bikin bolong kulit saking kerasnya bisa racunnya (gambar tak bisa di tampilkan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s